Belitung, Negeri Laskar Pelangi Dengan Keindahan Tersohor

33 views

Belitung, Negeri Laskar Pelangi Dengan Keindahan Tersohor

Belitung, Negeri Laskar Pelangi Dengan Keindahan Tersohor

Saat Miles Film merilis LASKAR PELANGI pada tahun 2008 silam, seluruh penduduk Indonesia tersadarkan bahwa Sumatera memiliki tempat wisata yang sangat indah tapi tak banyak yang tahu. Tempat itu adalah pulau Belitung yang ada di lepas pantai timur Sumatera, di antara selat Gaspar  serta Karimata. Terbentang seluas 4.800 kilometer persegi, Belitung menarik hati wisatawan dengan pesona alam serta kuliner lezat.

Sebelum menjadi destinasi wisata favorit, Belitung adalah pulau di mana timah berkuasa. Setelah timah sudah habis dikuras dari perut Belitung, warga mulai sadar bahwa keindahan yang tersimpan jauh lebih berharga. Mayoritas penduduk Belitung adalah suku Melayu dan keturunan Tionghoa Hokkien atau Hakka. Belitung terbagi menjadi dua kabupaten saja yakni Belitung dengan ibukota Tanjung Padan dan Belitung Timur dengan Manggar.

Batu Granit Pesona Utama Pantai Belitung

Semakin tingginya popularitas Belitung membuat beberapa maskapai sudah melayani penerbangan langsung dari Jakarta menuju bandara Hanadjoedin di Tanjang Pandan. Dari kota Tanjung Pandan yang memang jadi pusat populasi Belitung, Anda bisa berwisata ke berbagai pantai-pantai eksotis Belitung. Salah satu pantai yang paling terkenal adalah pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting utama LASKAR PELANGI.

Di pantai Tanjung Tinggi, ada batu-batu granit dengan ukuran luar biasa yang begitu indah dipandang. Selain Tanjung Tinggi, pantai lain yang memiliki ratusan batuan granit baik di perairan atau daratannya adalah Tanjung Kelayang. Diberi nama demikian karena ada batu granit besar mirip burung Kelayang di sana. Namun pantai yang dibilang terbaik di Belitung adalah pantai Lengkuas. Untuk menuju ke Lengkuas, turis harus menyewa perahu.

Selain indahnya batuan granit dengan air yang berwarna biru sangat jernih, daya tarik di Lengkuas adalah adanya mercusuar peninggalan peradaban lampau. Meskipun terbilang kuno, mercusuar ini masihlah bisa difungsikan untuk memandu kapal keluar-masuk di Tanjung Binga serta sekitarnya. Kendati begitu, keberadaan mercusuar ini memang sudah semakin dilupakan karena keberadaan teknologi GPS yang dipakai kapal laut.

Jika bosan dengan batu-batuan granit, maka Anda bisa melangkahkan kaki ke pantai Burung Mandi yang dipenuhi hamparan pasir putih. Disebut begitu karena memang letak pantai ini dekat dengan gunung Burung Mandi. Tak cuma menawarkan wisata pantai, di Burung Mandi juga ada wisata religius karena terdapat vihara Kwan Im. Kwam Im adalah vihara yang sangat terkenal di Belitung karena mayoritas warganya adalah umat Budha.

Napak Tilas Anak-anak Laskar Pelangi

Tak lengkap rasanya pergi ke Belitung tanpa napak tilas perjalanan para bocah pemberani di LASKAR PELANGI. Menjadi film yang pernah tercatat sebagai terlaris sepanjang sejarah Indonesia itu, pemerintah Belitung paham betul kalau penikmatnya luar biasa banyak. Untuk itulah beberapa lokasi syuting LASKAR PELANGI menjadi tujuan wisata salah satunya adalah replika SD Muhammadiyah di seberang dermaga Kirana, Belitung Timur.

Popularitas LASKAR PELANGI yang membuat Belitung dikenal memang tak lepas dari tangan dingin Andrea Hirata, sang penulis novelnya. Sebagai apresiasi, Anda bisa berkunjung ke Museum Kata yang dibangun oleh Andrea di Manggar. Dengan cat warna yang begitu artistik, ada berbagai puisi karya Andrea di museum ini. Namun Andrea Hirata bukanlah satu-satunya tokoh yang membuat Belitung bangga.

Sosok lain yang diapresiasi tinggi di Belitung adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini bahan menjadi inspirasi atas pembangunan Kampoeng Ahok. Pada dasarnya Kampoeng Ahok hanyalah sebuah rumah panggung khas Belitung yang dibangun persis di depan rumah orang tua Ahok di kecamatan Gantong, Belitung Timur.

Tags: #Belitung #Negeri Laskar Pelangi Dengan Keindahan Tersohor #tempat keren di belitung #wisata ke belitung