Danau Toba, Keindahan Vulkanik Peninggalan Masa Purba

33 views

Danau Toba, Keindahan Vulkanik Peninggalan Masa PurbaKalau bicara mengenai danau terbesar di Indonesia, tentu nama Toba tak bisa ditinggalkan. Bahkan lebih lanjut, Toba merupakan danau terdalam nomor sembilan di dunia karena mencapai 505 meter. Tak berhenti di situ, kegagahan Toba juga terlihat dari panjangnya yang mencapai 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Dengan luas 3.000 kilometer persegi, Toba mendapatkan statusnya sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.

Menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, bagian tengah Toba adalah pulau Samosir yang memiliki keindahan panorama istimewa. Sebagai pulau vulkanik, Samosir juga memiliki danau di dalamnya yakni Sidihoni serta Aek Natonang yang keduanya dijuluki sebagai danau di atas danau.

 

Bukan cuma memiliki keindahan alam yang begitu istimewa, danau Toba juga menyimpan cerita sejarah puluhan ribu tahun lampau.

Ledakan Puluhan Ribu Tahun Lalu Membentuk Toba

Kendati begitu indah, danau Toba tercipta dari sebuah peristiwa prasejarah yang begitu mempengaruhi peradaban manusia di Bumi. Diperkirakan, danau Toba terbentuk akibat letusan supervolcano (gunung berapi super) Toba sekitar 69.000-70.000 tahun lampau. Hal ini dijelaskan oleh peneliti Bill Rose dan Craig Chesner dari Universitas Teknologi Michigan, bahwa letusan supervolcano itu memuntahkan sekitar 2.800 km3 material vulkanik.

Tak main-main, aliran piroklastik itu menghancurkan area seluas 20.000 kilometer persegi hingga memicu kematian massal dan kepunahan spesies makhluk hidup. Bahkan menurut NASA, letusan mengerikan itu menewaskan sekitar 60 juta manusia dan menyebabkan terjadinya musim dingin vulkanik karena suhu di Bumi jatuh hingga 3 derajat celcius. Saat ini gunung Toba masih aktif dan mengelilingi danau Toba serta pulau Samosir.

Kendati tak ada yang bisa memprediksi apakah gunung purba Toba akan meletus, danau Toba kini adalah salah satu tempat wisata favorit di Indonesia. Bukan cuma menarik perhatian turis Indonesia, danau Toba juga cukup populer di tingkat global.

Danau Toba Destinasi Wisata Dunia

Di era tahun 90an, danau Toba bahkan sangat populer di kalangan wisatawan luar negeri. Sekitar tahun 1997, banyak turis dari Belanda, Malaysia, Singapura, Jepang, Jerman, Korea hingga Amerika datang untuk melihat keindahan panorama danau Toba dan pulau Samosir. Tak hanya danaunya, keindahan Toba juga tersusun dari hutan pinus tropis Sumatera di sekelilingnya.

Menikmati matahari terbit atau terbenam di danau Toba adalah beberapa alasan yang membuat siapapun ingin kembali ke sana. Pemandangan danau yang begitu luas dan tenang menimbulkan kesan nyaman bagi para turis. Puas menikmati keindahan alamnya, turis bakal dimanjakan oleh aneka jenis kuliner khas tanah Batak di sekitar danau Toba. Wisatawan juga bisa menikmati pemandian air hangat serta air terjun di danau Toba.

Tak hanya pemandangan alam serta wisata kulinernya yang menggoda iman, ada dua desa wisata di pulau Samosir yang sangat menarik yakni desa Tomok serta Tuktuk. Di desa Tomok ada makam Raja Sidabutar, museum Batak serta pertunjukan boneka Sigale-gale. Menawarkan hiburan yang sangat lengkap, tak heran kalau danau Toba adalah tujuan wisata favorit para turis domestik hingga mancanegara.

Demi mempermudah akses wisatawan, saat ini telah dibuka bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara yang mempersingkat jarak ke danau Toba. Tak perlu bingung juga soal penginapan karena di sekitar Muara, Balige, Parapat atau Panguruan ada banyak sekali penginapan mulai kelas backpacker hingga hotel mewah berbintang yang bisa dipilih sesuai dengan budget liburan.

Tags: #Danau Toba #Keindahan Vulkanik Peninggalan Masa Purba #wisata di medan #wisata di medan sumatra utara