Eksotisme Bunaken, Taman Bawah Laut Terindah di Dunia

55 views

Eksotisme Bunaken, Taman Bawah Laut Terindah di DuniaStatus Indonesia sebagai negara maritim memang sudah tersohor hingga dunia. Belasan ribu pulau membentang dari Sabang sampai Merauke adalah bukti kalau Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi lautan dan samudera.

Tak heran kalau keindahan lautan di Tanah Air tiada bandingnya. Dan salah satu buktinya ada pada Taman Nasional Bunaken yang dianggap sebagai taman bawah laut terindah di dunia.

Didirikan pada tahun 1991, total wilayahnya seluas 890,65 kilometer persegi. Sekitar 97% dari Taman Nasional Bunaken adalah habitat laut sementara tiga persen sisanya adalah daratan yaitu pulau Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen. Sebagai tempat wisata Indonesia yang sudah mendunia, akses menuju Bunaken sangat mudah. Di mana Anda tinggal naik feri dari pelabuhan Manado untuk menyeberang ke Bunaken.

Pesona Bawah Laut Bunaken Sulit Dilupakan

Secara geografis, pulau Bunaken terletak di wilayah perairan Segitiga Emas yang menghubungkan laut Filipina, Papua dan Indonesia. Jalur perairan laut itu membuat kekayaan alam di Bunaken sangat melimpah. Disebutkan ada sekitar 3.000 spesies ikan yang mendiami lautan Bunaken. Beberapa di antaranya adalah ikan hiu, marlin, tuna, kerapu, barakuda, kura-kura, ikan pari, gurita hingga ikan purba raja laut (Coelacanth).

Biota laut Bunaken juga diperkaya dengan terumbu karang yang luar biasa indah. Di dasar laut Bunaken bisa ditemukan terumbu karang dengan kontur keras serta lembut hingga dinding karang yang cukup curam. Anda yang menyukai snorkeling atau diving tentu sangat dimanjakan oleh pesona Bunaken. Begitu terjaga kejernihannya, tingkat visibilitas air di kedalaman Bunaken bahkan mencapai 20-40 meter.

Karena biota lautnya yang susah tertandingi, tak heran kalau Bunaken dijuluki sebagai taman laut terindah di dunia. Para penyelam pun juga begitu bahagia karena sedikitnya ada 20 titik menyelam di pulau Bunaken yang diburu turis lokal hingga mancanegara. Dari 20 titik itu, 20 di antaranya ada di perairan pulau Bunaken seperti Lekuan 1, Fukui, Mandolin, Sachiko Point dan Pangalisang.

Menyelami keindahan Bunaken memang bisa membuat siapapun lupa daratan. Karena apa yang tersaji di dalamnya seolah-olah membuat siapapun terbang ke negeri dongeng. Ada beberapa ikan langka di Bunaken seperti ikan duyung alias dugong hingga ikan bertanduk mirip hewan fantasi unicorn. Salah satu titik favorit menyelam adalah di reruntuhan kapal karam yang menjadi rumah dari puluhan ribu ekor ikan di Bunaken.

Kapal yang karam ini memiliki ukuran 60 meter dan tenggelam di kedalaman 23 meter. Konon dulunya kapal ini adalah milik pedagang Jerman yang tenggelam pada tahun 1942 di dekat pantai Molas.

Bunaken Bukan Cuma Punya Taman Bawah Laut

Agar bisa puas menikmati seluruh keindahan Bunaken, ada baiknya berkunjung pada bulan Mei-Agustus karena di waktu-waktu itu, ombak dan arus air laut cukup tenang. Siapapun akan bisa menyelam dengan nyaman serta suhu udara cukup hangat yakni di kisaran 26-31 derajat. Namun bagaimana dengan mereka yang tak suka menyelam atau kegiatan di bawah air? Tenang saja, Bunaken tidak hanya tentang taman bawah laut.

Di pulau Naen, yang merupakan ujung paling utara pada Taman Nasional Bunaken, ada Pasir Bungin yang tak kalah indahnya. Pasir Bungin memiliki hamparan pasir putih yang dikelilingi karang, seolah-olah serupa dengan panorama di Maladewa. Bahkan saat air surut, akan muncul daratan pasir putih sepanjang satu kilometer yang jadi buruan selfie. Bagaimana? Bunaken sangat indah kan? Ayo liburan ke Bunaken.

Tags: #Eksotisme Bunaken #Taman Bawah Laut Terindah di Dunia #tempat wisata #WISATA DI MANADO