Kawah Putih Ciwidey, Si Cantik Yang Berselimut Misteri

24 views

Kawah Putih Ciwidey, Si Cantik Yang Berselimut MisteriKalau melihat danau, apa yang ada di benak Anda? Sebuah lokasi wisata yang memiliki pemandangan air begitu luas dan jernih berwarna hijau kecoklatan? Benar. Namun hal itu tak akan bisa Anda temukan saat berkunjung ke Kawah Putih di kawasan Ciwidey.

Sesuai namanya, tempat wisata di Jawa Barat ini justru memiliki air berwarna putih kehijauan. Warna yang tak biasa itu disebabkan oleh tanah bercampur belerang.

Dikenal luas dengan nama Kawah Putih, sebetulnya tempat wisata ini adalah danau vulkanis yang terbentuk dari letusan gunung Patuha. Berada pada ketinggian 2.090 meter di atas permukaan laut, untuk mengunjungi Kawah Putih tidaklah sulit.

 

Turis dari luar Bandung hanya tinggal keluar dari tol Kopo lalu berlanjut ke Soreang. Dari Soreang bisa langsung ke Ciwidey dan tiba. Jalur alternatifnya bisa melalui tol Buah Batu.

Asal-Usul Melegenda Kawah Putih Ciwidey

Sebelum sangat populer seperti sekarang, kecantikan Kawah Putih justru tertutupi oleh misteri mengenai kisah-kisah angker. Semua tak lepas dari sosok gunung Patuha yang dianggap sebagai warga Bandung selatan sebagai gunung tertua. Di masa lampau sekitar seabad yang lalu, tak ada manusia yang berani menjejakkan kaki ke Patuha karena tempat itu diyakini sangat angker.

Barulah pada tahun 1837, seorang dokter Belanda-Jerman bernama Franz Wilhelm Junghuhn melakukan perjalanan ke Bandung selatan. Saat sampai di Ciwidey, Franz begitu kaget karena suasana yang sangat sunyi dan sepi tanpa adanya binatang seekorpun. Masyarakat menjelaskan kalau hal itu karena keangkeran puncak Patuha, di mana ada arwah para leluhur yang bersemayam dan pusat kerajaan jin serta hewan-hewan musnah.

Tak percaya dengan penjelasan masyarakat, Franz dengan berani mendaki Patuha dan menembus belantara hutan di gunung itu. Belum sampai di puncak, Franz langsung terpesona dengan hamparan danau berwarna putih kehijauan yang kini dikenal sebagai Kawah Putih. Dari danau itu menyembur lava dan bau belerang kuat yang jadi alasan kenapa binatang enggan melintasi Patuha.

Meskipun saat ini menjadi tempat wisata favorit di tanah Sunda, kisah misteri tak pernah lepas dari Kawah Putih. Sang juru kunci yakni Abah Karna menyebutkan kalau ada banyak makam leluluhur di Kawah Putih seperti Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyng Barabak hingga Eyang Hambrong. Bahkan salah satu puncak Patuha yakni Kapuk diyakini sebagai tempat bersemayamnya arwah Eyang Jaga Satru.

Tak cuma itu saja, banyak warga setempat yang seringkali mendapat penglihatan gaib di Kawah Putih dan sekitar gunung Patuha. Salah satunya adalah melihat sekumpulan domba putih yang diyakini sebagai penjelmaan para leluhur. Namun lepas dari berbagai misteri itu, kecantikan Kawah Putih memang mampu membius siapapun dan ingin berada di sana. Terutama dengan sekumpulan pepohonan mati yang membuatnya makin mempesona.

Kawah Putih Ciwidey Simbol Romantisme

Dengan kecantikan yang misterius itu, Kawah Putih Ciwidey justru dianggap sebagai simbol romantisme. Salah satu film drama cinta terpopuler di Indonesia yakni HEART, sampai menggunakan Kawah Putih sebagai salah satu lokasi syutingnya. Bukan cuma itu saja, ada banyak sekali pasangan calon pengantin yang melakukan sesi foto prewedding di Kawah Putih karena begitu eksotis.

Lantaran letaknya di dataran tinggi, ada baiknya Anda menggunakan pakaian hangat saat berkunjung ke Kawah Putih. Jangan lupa juga untuk membawa masker jika tak tahan dengan aroma menyengat belerang.

Tags: #ciwidey #kawah putih #Kawah Putih Ciwidey #pergi kemana #Si Cantik Yang Berselimut Misteri #tempat wisata yang bagus #tempatnonglrong yang asyik #wisata dibandung