Keindahan Menakjubkan Baluran, Miniatur Afrika Milik Jawa

56 views

Keindahan Menakjubkan Baluran, Miniatur Afrika Milik JawaAlam di benua Afrika memang begitu luar biasa dan memanjakan mata. Hamparan savana dengan aneka flora dan fauna menakjubkan membuat siapapun ingin ke Afrika.

Namun jika Anda ingin merasakan seperti apa keelokan panorama Afrika, tak perlu jauh-jauh ke sana. Tinggal berkunjung ke wilayah Banyuputih di Situbondo, Jawa Timur, Anda bisa melihat miniatur Afrika milik Indonesia.

Membentang seluas 250 kilometer persegi, Taman Nasional Baluran adalah rumah bagi banyak mamalia besar. Nama tempat ini diambil dari gunung Baluran yang memang berdiri kokoh di dalamnya.

 

 

Tidak sulit untuk bisa mencapai Baluran karena pintu gerbang utamanya ada di jalan Situbondo-Banyuwangi yang menjadi akses perjalanan darat utama siapapun yang ingin ke pulau Bali.

Melihat Seluruh Tipe Hutan Indonesia di Baluran

Dengan area seluas 25 ribu hektare, Baluran menyimpan beberapa jenis hutan dengan flora-fauna. Tak heran kalau Baluran dijuluki sebagai miniatur hutan Indonesia karena hampir seluruh tipe hutan di Nusantara ada di Baluran. Anda bisa menemukan hutan dengan tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawah dan hutan hijau sepanjang tahun di Baluran.

Dengan 40% di antaranya adalah vegetasi savana yang disebut sebagai padang savana Bekol, Anda seolah-olah ada di alam Afrika yang begitu luas. Savana Bekol di Baluran mencapai luas 300 hektare. Saat berkunjung ke savana Bekol di musim kemarau, rerumputan akan menjadi kuning kecoklatan yang mirip dengan gurun-gurun Afrika. Namun di saat musim penghujan, savana Bekol akan rimbun menghijau.

Dibuka dengan rimbun hutan hijau, perjalanan turis di Baluran akan berlanjut ke savana Bekol ini. Lalu sekitar empat kilometer dari padang savananya, ada pantai Bama. Mayoritas kenampakan alam pantai di Baluran terdiri dari pasir hitam, putih, batu pantai yang hitam dan kecil-kecil serta lereng karang. Di pantai Bama terdapat hutan mangrove dan menjadi tempat terbaik melihat matahari terbit karena menatap langsung ke selat Bali.

Selain menikmati sunrise yang memukau, turis juga bisa melihat terumbu karang dan keanekaragaman hayati laut di pantai Bama lewat aktivitas snorkling. Vegetasi bawah laut pantai Bama ini dikenal dengan nama padang lamun karena dipenuhi rumput laut berdaun panjang. Ekosistem terumbu karang di Baluran merupakan jenis karang tepi dengan lebar beragam dan ada di kedalaman 50 cm – 40 meter.

Untuk kawasan pantai utara dan timur Baluran, Anda bisa menemukan rawa asin yang berasal dari penggundulan hutan mangrove. Sementara hutan payau dengan air tawar sepanjang tahun juga ada di kawasan tenggara Baluran.

Hewan Liar Hidup Bahagia di Baluran

Selain berbagai jenis hutan dengan tumbuhan-tumbuhan mempesona, Baluran juga menyimpan aneka jenis satwa-satwa liar yang dilindungi. Beberapa di antaranya adalah banteng, kerbau liar, ajag, kijang, rusa, mcan tutul, kancil hingga kucing bakau. Untuk spesies unggas, Baluran memiliki sekitar 155 jenis burung yang beberapa di antaranya sangat langka seperti burung merak hingga layang-layang api.

Sementara jenis burung lainnya ada tuwuk Asia, ayam hutan merah, kangkareng, burung rangkong dan bangau tong-tong. Saat berkunjung ke savana Bekol, turis harus cukup waspada dengan kehadiran gerombolan monyet ekor panjang. Satwa liar ini kerap kali mengusili pengunjung dan meminta makanan. Meskipun dipenuhi kehidupan liar, Baluran melengkapi diri dengan berbagai fasilitas seperti penginapan agar turis makin nyaman.

Tags: #baluran #Keindahan Menakjubkan Baluran #Miniatur Afrika Milik Jawa #wisata ini afrika