Kilauan Cantik Pantai Sumur Tiga, Hawaii Milik Sabang

47 views

Kilauan Cantik Pantai Sumur Tiga, Hawaii Milik SabangKalau membicarakan pantai-pantai indah di Indonesia, selama ini memang identik dengan kawasan timur atau dominasi pulau Bali. Padahal tanpa banyak yang tahu, pulau Sumatera juga memiliki banyak pantai memanjakan mata. Salah satu permata tersembunyi itu ada di pulau Weh, pulau paling barat dan termasuk salah satu titik terluar Indonesia. Weh sendiri sebetulnya merupakan bagian dari kota kepulauan Sabang, provinsi Aceh.

Kota Sabang terdiri dari lima pulau yakni Klah, Rondo, Rubiah, Seulako dan Weh. Sebagai yang terbesar, Weh adalah pulau vulkanik yang konon katanya dulu menyambung dengan Sumatera.

 

 

Namun setelah gunung merapi meletus di zaman Pleistosen, pulau Weh pun terpisahkan perairan dan kini ada di area laut Andaman. Karena letak geografisnya yang istimewa, bentang alam Weh sangat mempesona seperti salah satunya pantai Sumur Tiga.

Sunrise di Sumur Tiga, Terbaik di Barat Indonesia

Seperti mayoritas pantai-pantai di Indonesia, Sumur Tiga memiliki hamparan pasir putih. Namun pasir di Sumur Tiga terbilang sangat istimewa karena begitu lembut dan berkilau. Dibandingkan pantai-pantai lain di Sabang, garis pantai Sumur Tiga adalah terpanjang mencapai 2 km. Ada dua pantai utama lain di pulau Weh yakni pantai Iboih dan Rubiah yang terkenal dengan keindahan biota lautnya sehingga jadi favorit snorkeling atau diving.

Untuk Sumur Tiga sendiri, para turis sepakat menyebutnya sebagai permata tersembunyi karena punya lingkungannya begitu bersih dan alami bak surga. Tak heran kalau akhirnya banyak yang menyebut Sumur Tiga sebagai Hawaii-nya kota Sabang. Bukan karena memiliki ombak besar yang begitu ideal untuk surfing, tapi karena pemandangan Sumur Tiga didominasi pohon kelapa dan begitu tenang serta nyaman bak santai di Hawaii.

Meskipun merupakan pantai di kawasan ujung paling barat Indonesia, Sumur Tiga menawarkan pemandangan sunrise alias matahari terbit yang spektakuler. Semua ini dikarenakan Sumur Tiga yang menghadap ke arah timur sehingga saat matahari menyingsing, air laut yang berwarna biru kehijauan akan terlukis dengan sempurna. Sebuah keindahan karunia Sang Pencipta yang bahkan sulit terucap kata-kata.

Memulai pagi hari di pantai Sumur Tiga menjadi daya tarik wisatawan. Tak berlebihan kalau akhirnya Sumur Tiga disebut sebagai tempat paling tepat melihat sunrise di kawasan barat Indonesia. Bukan cuma menawarkan keindahan alam, di Sumur Tiga juga ada beberapa situs sejarah yang jadi peninggalan masa penjajahan Jepang. Bahkan beberapa benteng bangunan Jepang di masa Perang Dunia II bisa Anda temukan.

Akses ke Sumur Tiga Sangat Mudah

Kendati ada di ujung terbarat Indonesia, untuk menuju Sumur Tiga tidaklah sulit. Pemerintah provinsi Aceh tampaknya paham betul jika pulau Weh adalah tambang emas untuk sektor pariwisata mereka. Untuk itulah berbagai fasilitas disiapkan untuk mempermudah akses menuju Sumur Tiga. Dari pusat kota Sabang, pantai Sumur Tiga bahkan bisa ditempuh dalam waktu sepuluh menit perjalanan saja.

Jika Anda berangkat dari Aceh, bisa menggunakan kendaraan darat entah pribadi atau umum menuju pelabuhan Ulee Lheue. Dari pelabuhan Ulee Lheue, turis bisa menyeberang dengan kapal feri menuju pelabuhan Balohan di Sabang. Setelah sampai di Sabang, akan ada banyak sekali transportasi umum yang mengantarkan wisatawan menuju pantai Sumur Tiga.

Untuk memanjakan turis yang ingin menikmati keindahan Sumur Tiga, tersedia juga beberapa penginapan dan restoran yang bisa dipilih. Jangan lewatkan momen menyantap segelas minuman dingin serta semangkok mie kuah seafood ala Sumur Tiga yang akan bikin siapapun ingin kembali ke pulau Weh.

Tags: #Hawaii Milik Sabang #Kilauan Cantik Pantai Sumur Tiga