Menikmati Anambas, Kepulauan Tropis Paling Indah di Asia

48 views

Menikmati Anambas, Kepulauan Tropis Paling Indah di Asia

Setelah kemarin kita Melihat Sisa Kehidupan Purba di Indahnya Alam Pulau Komodo.Kali ini kita akan menikmati Anambas,Kepulan Tropis paling indah di Asia

Dibandingkan dengan Raja Ampat, nama Anambas memang kalah beken. Namun kepulauan yang jadi bagian dari provinsi Kepulauan Riau ini punya pesona yang tak kalah. Bahkan keindahan Anambas di mata para turis dianggap begitu perawan. Karena pesona alam yang ada memang banyak yang belum terjamah sehingga sangat mempesona. Berdasarkan peraturan tahun 2008, Anambas memisahkan diri dari kabupaten Natuna.

Dengan luas mencapai 504,14 kilometer persegi, Anambas dihuni sekitar 45 ribu jiwa. Meskipun merupakan bagian dari Kepulauan Riau, posisi Anambas secara geografis tampak terpisah karena ada di Laut China Selatan. Ada sekitar 238 pulau di Anambas dengan 26 di antaranya saja yang berpenghuni. Salah satu hal yang cukup unik dari Anambas adalah Tarempa yang meskipun terpencil, biaya hidupnya lebih mahal daripada Singapura.

Yang membuat hidup di ibukota Anambas ini sangat mahal justru bukan karena dipenuhi mall. Namun memang begitu susahnya mencari kebutuhan sehari-hari. Sekedar informasi, kapal-kapal yang membawa berbagai macam barang kebutuhan cuma datang ke Tarempa dalam waktu dua bulan sekali. Belum lagi Tarempa yang penduduknya sangat sedikit dan sebagian besar adalah hutan-hutan liar, membuat Tarempa semakin tertinggalkan.

Pantai Anambas Tak Kalah Dengan Maldives

Untuk bisa mencapai Anambas memang butuh perjuangan. Salah satu transportasi wisatawan yang mudah diakses adalah menggunakan pesawat terbang menuju bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang. Dari Tanjung Pinang, penerbangan menggunakan pesawat juga bisa dilanjutkan dengan maskapai perintis menuju Letung yang dalam seminggu cuma terbang dua kali di pagi hari saja.

Namun setelah sampai bandara Letung yang ada di pulau Jejama, Anda masih harus melanjutkan perjalanan laut menggunakan speedboat selama 2-3 jam. Meskipun cukup sulit, keindahan yang ditawarkan Anambas akan membayar lunas semua perjuangan itu. Bila boleh memilih, pulau paling indah di Anambas adalah pulau Bawah yang memiliki laguna spektakuler. Dengan air berwarna biru jernih, Anambas tak kalah dari Maldives.

Laguna-laguna yang ada di Bawah membuatnya diincar oleh wisatawan. Bahkan beberapa pelancong luar negeri menyebutkan kalau laguna pulau Bawah salah satu yang terbaik di Bumi, sekelas dengan Bora-Bora di Tahiti. Tak hanya dataran pasir putih di atasnya saja, pulau Bawah juga memiliki formasi koral yang luar biasa cantik. Selain pulau Bawah, Anda juga wajib berkunjung ke Penjalin yang merupakan pulau terluar di Indonesia.

Keelokan panorama pulau Penjalin didominasi oleh puluhan pulau kecil dengan pasir halus berwarna putih. Tanjung Momong mungkin menjadi titik wisata favorit karena di pantai ini ada pasir putih terbentang sepanjang satu kilometer, lokasi teromantis menikmati matahari terbenam. Sebagai tempat yang belum terjamah, hampir tak ada kerusakan ekosistem dan limbah sampah berserakan di kepulauan Anambas.

Anambas Tak Cuma Punya Pantai Saja

Meskipun memiliki pesona pantai yang tak terbantahkan, Anambas sejatinya bukan melulu mengenai pantai saja. Ada beberapa wisata menarik lain yang bisa dikunjungi di Anambas seperti salah satunya adalah air terjun Temburun. Terletak di desa Temburun, kecamatan Siantan selatan, air terjung ini keunggulannya adalah punya tujuh tingkatan. Bahkan dari tingkat tertingginya, turis bisa melihat pemandangan laut dan laguna yang begitu indah.

Untuk bisa sampai ke air terjun Temburun, Anda harus melintasi perjalanan dari Tarempa menggunakan kapal pompong selama 30 menit. Setelah turun dari kapal, turis harus berjalan sejauh 200 meter untuk mencapai tingkatan ketiga dan begitu seterusnya hingga puncak.

Tags: #anambas #Kepulauan Tropis Paling Indah di Asia #Menikmati Anambas #pantai anambas #tempat wisata di indonesia #wisata pulau riau