Menikmati Surganya Pulau Jawa di Karimunjawa

41 views

Keindahan Anambas memang luar biasa,Meskipun kalah tenar dengan raja Ampat,akan tetapi kepuluan Anambas ini juga diminati banyak turis asing.Tak kalah dengan ANambas,KarimunJawa juga memiliki keindahan yang wajib anda kunjungi.

Menikmati Surganya Pulau Jawa di Karimunjawa

Meskipun berstatus sebagai pulau dengan jumlah populasi penduduk terpadat di Indonesia, pulau Jawa juga memiliki keindahan alam yang tak kalah. Dan salah satu tempat yang paling tepat dijuluki sebagai surga di pulau Jawa adalah Karimunjawa. Kepulauan di laut Jawa yang masuk dalam bagian kabupaten Jepara di provinsi Jawa Tengah ini adalah tempat wisata taman laut paling favorit di Jawa.

Seluruh daratan yang ada di Karimunjawa memiliki luas 1.500 hektare sementara bagaian perairannya mencapai 110 ribu hektare. Karimunjawa terdiri dari 27 pulau di mana hanya lima di antaranya yang berpenghuni yakni Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang dan Genting. Sementara itu 22 pulau lain yang tidak berpenghuni menjadi tujuan wisata seperti Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Besar dan Cemara Kecil.

Transportasi utama untuk menuju Karimunjawa adalah menggunakan kapal feri dari pelabuhan Tanjung Emas di Semarang. Sementara itu untuk jalur udara, turis bisa terbang dari bandara Ahmad Yani di Semarang menuju bandar udara Dewa Daru di pulau Kemujan menggunakan maskapai perintis selama 30 menit saja.

Pantai, Snorkeling dan Diving Jadi Magnet Karimunjawa

Sebagai taman wisata laut, tentu aktivitas utama yang bisa dilakukan adalah mengunjungi pantai, berbagai pulau dan menikmati surga di perairan Karimunjawa. Untuk pulau yang wajib dikunjungi wisatawan adalah pulau Menjangan Besar yang jadi tempat penangkaran ikan hiu. Lalu ada pulau Menjangan Kecil yang merupakan tempat terbaik untuk snorkeling serta berfoto layaknya berada di Gili Trawangan, Lombok sana.

Pulau lain yang juga wajib kunjung adalah Gosong Seloka yang hanya terdiri dari hamparan pasir putih. Tak hanya ikan hiu, di Karimunjawa para turis juga bisa berfoto dengan serombongan lumba-lumba seperti di pantai Lovina, Bali sana. Gerombolan lumba-lumba yang tampil bak seniman panggung di lautan ini bisa ditemukan sepanjang perjalanan dari pulau Menjangan Kecil ke Cemara Kecil.

Bagi turis yang sudah memiliki sertifikat menyelam, jangan sia-siakan untuk menelusuri beberapa spot diving favorit. Seperti ada kapal yang karam bertahun-tahun lamanya di Indonor sehingga bangkainya dipenuhi ikan serta tumbuhan. Ada juga pulau Sintok hingga Menyawakan yang menyajikan panorama luar biasa cantik di bawah air. Karena begitu terjaga, jarak pandang alias visibility di perairan Karimunjawa sangatlah jernih.

Lelah dengan petualangan di air? Maka hari-hari liburan di Karimunjawa bisa disempurnakan dengan menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Ada beberapa tempat yang jadi lokasi sunset terbaik seperti pantai Tanjung Gelam, pelabuhan baru Karimunjawa, hingga gardu pandang tracking hutan mangrove. Sembari duduk menikmati sunset, siapapun akan jatuh cinta pada Karimunjawa.

Karimunjawa Bukan Cuma Wisata Air

Kendati dikenal akan wahana wisata yang identik dengan air, pantai serta samudera, Karimunjawa punya pesona lain bagi mereka yang enggan berbasah-basahan. Ya, Anda bisa menikmati suasana pulau yang tenang dengan menelusuri hutan bakau. Meskipun tak seluas hutan bakau di Kalimantan, turis akan tetap mendapatkan berbagai informasi mengenai keanekaragaman flora dan fauna di dataran Karimunjawa.

Pesona hutan bakau ini pun dimanfaatkan dengan wisata sampan yang ada di Bako Lolo, pulau Kemujan. Pasangan kekasih pun bisa memupuk rasa cinta mereka di Karimunjawa dengan menikmati makan malam romantis di Gosong Seloka. Atau bagi Anda yang ingin membaur dengan masyarakat lokal, bisa merasakan kehidupan suku Bugis di desa Telaga dan Batu Lawang yang sama-sama berada di pulau Kemujan.

 

Tags: #karimun jawa #Menikmati Surganya Pulau Jawa di Karimunjawa #pesona indonesia #wisata indah #Wisata pulau karimun jawa