Nirwana Bawah Laut Sulawesi Itu Bernama Wakatobi

27 views

Nirwana Bawah Laut Sulawesi Itu Bernama WakatobiKawasan timur Indonesia memang memiliki keindahan laut tiada tara yang bikin susah berkata-kata. Salah satunya adalah Taman Nasional Wakatobi di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Sekedar informasi, nama Wakatobi sendiri merupakan akronim dari pulau-pulau besar di sana yakni Wangi-wangi, Kadelupa, Tomia dan Binongko. Baru ditetapkan pada 2002, luas area Taman Nasional Wakatobi mencapai 1,39 juta hektare.

Ada cukup banyak obyek wisata favorit di Wakatobi dengan salah satunya adalah pulau Hoga. Berbagai cottage yang didesain khas rumah adat Buton membuat Wakatobi menjadi lokasi paling tepat untuk bulan madu. Sebagai tempat wisata kelas dunia, tidak sulit untuk menuju Taman Nasional Wakatobi. Ada maskapai yang menyediakan penerbangan dari Kendari, ibukota Sulawesi Tenggara menuju bandara Matohara di pulau Wangi-Wangi.

Biota Laut Wakatobi Luar Biasa Kaya

Keindahan Taman Nasional Wakatobi sebetulnya sudah tersohor duluan di dunia internasional. Apalagi setelah ekspedisi Wallacea dari Inggris dilakukan pada 1995, menemukan bukti jika perairan Wakatobi begitu kaya akan spesies koral. Bahkan dari total 850 spesies koral di dunia, 750 di antaranya ada di Wakatobi. Dengan bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter, topografi bawah laut Wakatobi begitu bervariasi.

Menyelami kedalaman Wakatobi tak ubahnya berkunjung ke nirwana samudera yang luar biasa. Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili ada di lautan Wakatobi dengan 98 jenis ikan termasuk ikan pogo-pogo, takhasang, napoleon hingga baronang. Terdapat juga berbagai jenis penyu langka seperti penyu sisik, penyu lekang dan penyu tempayang di Wakatobi. Bahkan beberapa burung laut juga hidup bahagia di atas perairan Wakatobi.

Tak hanya itu saja, perairan Wakatobi juga menjadi favorit banyak fauna langka dunia. Salah satunya adalah kawanan ikan paus sperma yang doyan bertamu ke Wakatobi pada bulan November. Di saat perairan belahan bumi lain membeku, Wakatobi mendatangkan kehangatan yang membuat paus sperma senang mencari makanan. Selain paus sperma, fauna laut perairan tropis yang bisa ditemukan adalah pari manta yang sangat besar.

Setidaknya ada lebih dari 50 lokasi penyelaman spektakuler di Wakatobi yang diidamkan penyelam di seluruh dunia. Sebagai kawasan kepulauan, ada 143 lebih pulau besar-kecil dengan hanya tujuh di antaranya yang berpenghuni. Karena letaknya tepat di jantung Segitiga Terumbu Karang Asia-Pasifik, Wakatobi memiliki air luar biasa jernih dengan kecantikan terumbu karang dan kekayaan biota laut sulit tertandingi.

Wakatobi Tak Hanya Untuk Menyelam

Lepas dari pemandangan bawah lautnya yang begitu megah, Wakatobi bukanlah surga bagi para penyelam saja. Karena ada tiga gosong dan lima atol di Taman Nasional Wakatobi yang bisa juga dinikmati. Berbeda dengan daerah lain, atol di Wakatobi terbentuk karena adanya lempeng dasar bumi yang tenggelam seperti atol Kadelupa, Kapota dan Tomia. Namun kalau Anda bosan dengan wisata air, bisa berjalan-jalan di Wakatobi juga.

Salah satunya adalah berkunjung ke situs benteng Patua di pulau Tomia yang dulu adalah pertahanan terluar kerajaan Buton. Bahkan di pulau Binongko juga ada banyak peninggalan perjuangan Pattimura pada masa penjajahan Belanda. Jangan lewatkan waktu untuk berkunjung ke desa Bajo, suku nomaden penjelajah laut yang membangun tempat tinggal tetap di atas lautan Wakatobi.

Puas menikmati panorama laut dan keindahan pulau-pulaunya, Wakatobi juga menawarkan kuliner yang sangat lezat. Seperti kasuami yang merupakan makanan pokok Bajo dan terbuat dari singkong parut yang dikukus.

Tags: #Nirwana Bawah Laut Sulawesi Itu Bernama Wakatobi #wakatobi #wakatobi diving #wisata sulawesi